Buku Seri Tematik 4 SD ini disusun dengan berpedoman pada Kurikulum 2013. Kami berusaha agar setiap kompetensi dasar yang dituntut dalam kurikulum tercakup dalam buku ini melalui pengembangan indikator pencapaian kompetensi. Indikator pencapaian kompetensi dikembangkan berdasarkan urutan high order thinking skill, yang sekaligus menjadi ukuran pencapaian kompetensi. Adanya indikator yang berurutan akan memudahkan proses pembangunan konsep keilmuan peserta didik, serta mengarahkan penilaian otentik yang akan menilai pencapaian kompetensi dengan tepat. Keunggulan buku ini terletak pada susunan kegiatan pembelajaran yang telah disusun dengan pendekatan saintiļ¬ k dalam bentuk siklus pembelajaran, agar kemampuan peserta didik terbangun secara utuh. Ikonikon kegiatan pembelajaran terdiri dari pengamatan meliputi Cermat Mengamati, Gemar Membaca, dan Bijak Menyimak; menanya meliputi Kreatif Menanya, dan Cerdik Mencari Tahu; mencoba meliputi Aktif Melakukan dan Berani Bereksperimen; menalar meliputi Cerdas Mengasosiasikan, Terampil Menganalisis, dan Cakap Menyimpulkan; mengomunikasikan meliputi Cakap Mengomunikasikan dan Pintar Menyajikan. Ikon-ikon ini dipilih sekaligus untuk menumbuhkan karakter positif peserta didik.
Seri Tematik 5
Judul Buku Seri Tematik 5 :
1.Organ Gerak Hewan dan Manusia (Jilid 5A)
2.Udara Bersih bagi Kesehatan (Jilid 5B)
3.Makanan Sehat (Jilid 5C)
4.Sehat itu Penting (Jilid 5D)
5.Ekosistem (Jilid 5E)
6.Panas dan Perpindahannya (Jilid 5F)
7.Peristiwa dalam Kehidupan (Jilid 5G)
8.Lingkungan Sahabat Kita (Jilid 5H)
9.Benda-Benda di Sekitar Kita (Jilid 5I)